Laman

Minggu, 24 April 2011

GOOGLE VS LINTAS BERITA

Share Tentu anda sudah tahu, sangat banyak peluang pintu masuk pengunjung untuk sebuah blog. Mulai dari mesin pencari, social network, social bookmarks, bookmarks browser, followers, blogroll, back link dan lain-lain. Tapi di sini saya hanya ingin menimbang antara google dan Lintas Berita.

Jujur, saya bukan seorang master SEO dan juga bukan ahli soal situs social bookmarks. Tapi saya hanya seorang master bandel. Alias blogger udik yang nakal uji coba, kadang melawan arus, melawan kebiasaan yang sudah lazim. Karena itu jika ada diantara anda yang ahli soal ini saya akan langsung angkat tangan. Sebab postingan ini hanya saya tulis berdasarkan pengalaman.

Kenapa google?
Karena hingga saat ini google masih merupakan mesin pencari nomor satu yang paling banyak digunakan para penggila dunia maya.

Kenapa Lintas Berita?
Karena hingga saat ini Lintas Berita merupakan situs social bookmarks nomor satu di Indonesia.

Keduanya, sejauh yang saya alami merupakan mata air sumber pengunjung yang sangat menggiurkan dibanding beberapa pintu masuk pengunjung lainnya.

GOOGLE:

Kelebihan google adalah hanya dengan satu kali submit blog, maka cepat atau lambat semua konten blog anda akan terindeks secara otomatis dalam data basenya. Baik konten yang lama maupun yang akan anda update berikutnya. Apalagi sejak adanya fasilitas google caffeine, yang membuat setiap update terbaru sangat mudah terindeks di halaman pencarinya. Singkat kata google adalah senjata penembak pengunjung all in one. Satu klik untuk semua konten. Otomatis untuk selamanya. Kecuali bila anda kena tampar oleh google alias kena bann karena melakukan kesalahan.

Setelah itu anda tinggal menunggu pengunjung kesasar sendiri ke blog anda tanpa harus anda undang seperti blogwalking dan submit tulisan ke social bookmarks. Meski anda tidak blogging, tidak membuka komputer, atau setelah anda masuk kubur pun, peluang arus masuk pengunjung akan tetap ada. Inilah kelebihannya.

Tapi jangan lupa kekuranganya juga ada, meskipun hal ini juga bisa diartikan sebagai tantangan. Semua situs di dunia maya akan bertarung di sana, seperti medan tempur hukum rimba. Tidak ada wasit tidak ada polisi. Yang kuat akan menang bertengger di halaman pertama dan rangking teratas. Sedangkan yang lemah akan ditendang dan digilas hingga tenggelam di akar google. Di sinilah kekuatan SEO diperlukan. Mulai dari optimasi template (memasang meta tag, meta keyword, dsb), optimasi konten (pada judul dan tubuh tulisan, mengintai kata kunci yang lagi trend dan seterusnya). Nah, jika anda malas dan muak dengan semua ini, resikonya tentu anda akan kalah bersaing.

LINTAS BERITA:

Kelebihan dari mengirim tulisan ke Lintas Berita, asal judu tulisan anda menarik, memikat, bila perlu bisa menyihir pengunjung Lintas Berita, maka dalam waktu satu hari blog anda bisa menyedot ribuan pengunjung. Walaupun hanya untuk satu tulisan. Walaupun blog anda hanya berisi satu tulisan. Tidak seperti google dimana kekuatan SEO harus ditunjang dengan banyaknya konten. Yang anda perlukan hanya kejelian dalam membuat judul tulisan. Walaupun isi tulisan anda amburadul juga tidak masalah, bahkan dengan hanya judul tulisan tanpa isi pun juga bisa. Tentunya ada resiko yang anda tanggung (Saya tidak tanggung jawab). Tapi yang jelas, kekuatan yang anda perlukan hanya bertumpu pada judul tulisan.

Tapi kelemahan dari Lintas Berita juga ada. Jika google adalah senjata penembak pengunjung all in one, maka Lintas Berita hanya one by one. Satu klik untuk satu tulisan. Anda harus mengirim tulisan pada blog anda secara manual satu per satu. Kelemahan lainnya, jika anda mengirim tulisan disaat yang tidak tepat, disaat tidak banyak pengunjung Lintas Berita lagi online, maka tulisan anda hanya akan terbuang percuma, jadi timbunan sampah. Selain itu setiap tulisan anda yang sudah terkirim akan dihapus dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Saya lupa berapa lama sebuah tulisan masih aktif di sana (Inilah kelebihan saya: tidak menguasai detailnya).

Nah, jadi kesimpulannya mana yang terbaik?
Menurut saya yang terbaik adalah gabungkan saja keduanya. Jadi setiap kelebihannya bisa anda dapatkan. Dan setiap sisi kelemahannya masing-masing bisa saling diatasi. Kecuali jika anda tidak butuh pengunjung, tulisan ini pun tidak perlu anda hiraukan.

0 komentar:

Posting Komentar