Laman

Senin, 23 Mei 2011

Cara Memasang Widget Twitter di BLog

Share
Bagi seorang blogger, situs sosial media seperti facebook dan twitter, merupakan media yang sangat baik untuk mempromosikan contents blognya saat ini. Semakin aktif dan banyak teman atau follower Anda di kedua social media ini, maka akan semakin baik buat blog Anda. Kenapa? karena teman dan follower itu bisa dikonversi menjadi traffik.

Salah satu cara untuk mendapatkan follower atau teman di twitter ataupun facebook adalah: dengan memasang widget kedua sosial media tersebut di blog Anda. Harapannya, dengan melihat widget tersebut, pengunjung blog anda akan tertarik untuk memfollow Anda.

Nah, bagaimana cara memasang widget twitter di blog? Bagi yang sudah lama berkecimpung didunia blog, tentu ini bukan masalah. Tapi bagaimana dgn yang masih baru atau istilahnya newbie? Tenang, saya akan tunjukkan caranya. Untuk yang widget facebook akan saya bahas pada postingan berikutnya ya!  Happy

Oke! Pertama, login ke account twitter Anda. Setelah berhasil login, pilih menu setting dan masuk pada halaman Profile.

cara-masang-widget-twitter
Setelah masuk halaman profile, perhatikan pada bagian pengisian alamat web atau blog. Persis dibagian bawah kotak pengisian alamat web, ada tulisan “(You can also add Twitter to your site here)”. Nah, klik pada tulisan tersebut! maka akan muncul halaman seperti di bawah ini.
twitter-profile-widget
Selanjutnya pilih pada menu “My Website” dan “Profile Widget”, seperti pada gambar di atas. Setelah mengklik profile widget, Anda akan dibawa masuk ke halaman “Customize Your Profile Widget” (pengaturan widget).
customize-twitter-widget
Pada halalaman Customize widget, ada beberapa variabel yang bisa kita atur sendiri, diantaranya warna dan ukuran (sesuaikan dengan blog Anda). Kalau sudah, silahkan klik “Test settings” untuk melihat preview-nya. Jika yakin settingan Anda sudah benar dan sesuai dgn yang diinginkan, maka silahkan klik tombol “Finish & Grab Code”. Anda akan melihat halaman seperti dibawah ini. 
twitter-widget
Selanjutnya Anda akan disuguhi dua pilihan cara pemasangan widget ke blog Anda. Pertama, bisa copy langsung kode atau script widget-nya dan pasang sendiri di blog Anda. Kedua, Anda bisa pilih tombol “Add to Blogger”, dan script widget-nya akan langsung terpasang ke blog Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu mengatur letak dari widget tersebut, mau ditempatkan di sidebar, footer, header, atau dibawah posting.

Selamat mencoba! kalau ada yg kurang jelas? silahkan bertanya dikolom komentar ya!

Update : 

Ternyata untuk masuk ke halaman “Customize Your Profile Widget” (gambar 3) tidak perlu login terlebih dahulu seperti pada tutorial di atas. Namun bisa langsung diakses melalui http://twitter.com/goodies/widget_profile

Untuk selanjutnya silahkan ikuti dua tahapan terakhir (gambar 3 dan 4) pada tutorial di atas.

0 komentar:

Posting Komentar